Ingin mendirikan PT hanya dalam waktu 3 hari? Dapatkan Sekarang Juga!
Artikel > Perizinan Berusaha > Ini yang Harus Disiapkan untuk Proses Pendaftaran Merek
Perizinan Berusaha

Ini yang Harus Disiapkan untuk Proses Pendaftaran Merek

Published on 16 May 2023 Bacaan 2 Menit
by Toha

Merek (brand) adalah tanda (pencitraan) yang dapat ditampilkan secara grafis melalui gambar, logo, nama, kata, huruf, angka, susunan warna, dalam bentuk 2 dimensi dan/atau 3 dimensi, suara, hologram, atau kombinasi dari 2 atau lebih.

Ringkasan:

Hak atas Merek diperoleh setelah bisnis mendapatkan sertifikat yang diterbitkan oleh permohonan pendaftaran melalui proses pemeriksaan formalitas, proses pengumuman, dan proses pemeriksaan substantif serta mendapatkan persetujuan Menteri.

Lihat Layanan Pendaftaran Merek

Merek (brand) adalah tanda (pencitraan) yang dapat ditampilkan secara grafis melalui gambar, logo, nama, kata, huruf, angka, susunan warna, dalam bentuk 2 dimensi dan/atau 3 dimensi, suara, hologram, atau kombinasi dari 2 atau lebih. Tanda ini kemudian digunakan untuk membedakan barang dan/atau jasa yang diproduksi oleh orang atau badan hukum dalam kegiatan perdagangan barang dan/atau jasa.

Dalam dunia usaha, Merek memiliki beberapa fungsi penting, diantaranya:

  • Sebagai tanda pengenal untuk membedakan hasil produksi berupa barang dan jasa antar satu pihak dengan pihak lainnya.

  • Sebagai alat promosi sehingga pemilik bisnis atau produsen dapat mempromosikan barang dan jasa hanya dengan menyebut Mereknya.

  • Sebagai jaminan atas mutu suatu barang, karena popularitas suatu Merek selalu sebanding dengan ekspektasi audiens terhadap barang atau jasa dari Merek tersebut.

  • Sebagai penunjuk asal barang/jasa dihasilkan.

  • Sebagai perlindungan terhadap hasil yang diproduksi.

Hak atas Merek diperoleh setelah bisnis mendapatkan sertifikat yang diterbitkan oleh permohonan pendaftaran melalui proses pemeriksaan formalitas, proses pengumuman, dan proses pemeriksaan substantif serta mendapatkan persetujuan Menteri.

Baca Juga: Bagaimana Caranya Memperbesar Peluang Pendaftaran Merek Diterima

Pendaftaran Merek juga memiliki beberapa fungsi, yakni:

  • Sebagai alat bukti bagi pemilik yang berhak atas Merek yang didaftarkan.

  • Sebagai dasar penolakan terhadap Merek yang sama keseluruhan atau sama pada pokoknya yang dimohonkan pendaftaran oleh orang lain untuk barang/jasa sejenisnya.

  • Sebagai dasar untuk mencegah orang lain memakai Merek yang sama keseluruhan atau sama pada pokoknya dalam peredaran untuk barang/jasa sejenisnya.

Agar proses pendaftaran Merek berjalan lancar, ada beberapa tahap yang wajib pemohon lakukan diantaranya sebagai berikut.

1. Pengecekan Merek

Langkah pertama sebelum melakukan pendaftaran Merek adalah melakukan pengecekan terlebih dahulu. Langkah ini penting dilakukan untuk mengetahui apakah Merek sudah digunakan oleh pihak lain atau belum.

Hal ini sekaligus diperlukan untuk menghindari penolakan permohonan pendaftaran Merek atau adanya sengketa bila terdapat kesamaan dengan Merek yang telah terdaftar. Kamu bisa melakukan pengecekan Merek di lamanhttps://pdki-indonesia.dgip.go.id/.

2. Pemilihan Kelas Barang dan/atau Jasa Merek

Setiap permohonan pendaftaran Merek memuat kelas barang dan/atau jasa yang Merek wakili. Kelas ini adalah pengelompokan suatu bidang usaha yang juga menjadi parameter yang digunakan secara global dalam perlindungan Merek.

Pendaftaran Merek diatur dalam Pasal 14 Ayat 4 Peraturan Menteri Hukum dan HAM No. 67 Tahun 2016. Pasal ini menjelaskan bahwa pengelompokkan Kelas Merek berpedoman pada perjanjian Nice (Nice Agreement) tentang Klasifikasi Internasional Barang dan Jasa untuk Pendaftaran Merek.

Apabila Anda mengajukan pendaftaran Merek yang sama pada keseluruhannya atau mempunyai persamaan pada pokoknya dengan merek terdaftar pada kelas barang/jasa yang tidak sejenis, undang-undang tidak melarangnya, kecuali terhadap Merek terkenal.

3. Mempersiapkan Data Penanggung Jawab

Langkah berikutnya adalah mempersiapkan data contact person, atau penanggung jawab yang bisa dihubungi selama pengurusan pendaftaran Merek. Data ini diperlukan apabila selama pengajuan pendaftaran Merek terjadi kesalahan yang menyebabkan pengajuan Merek tidak dapat diproses.

Umumnya, data yang diberikan adalah data diri sendiri apabila Merek diajukan oleh perseorangan, atau wakil badan hukum apabila Merek diajukan oleh badan hukum. Data penanggung jawab meliputi:

  • Nama lengkap penanggung jawab

  • Alamat surat menyurat penanggung jawab

  • E-mail aktif penanggung jawab

  • Nomor ponsel aktif penanggung jawab

4. Mempersiapkan Data Pemohon Merek

Selanjutnya, untuk memenuhi persyaratan pendaftaran Merek, terdapat juga data pemohon yang harus dipersiapkan, yakni:

  • Nama lengkap pemohon

  • Alamat lengkap pemohon

  • Kota/kabupaten pemohon

  • Kode pos pemohon

5. Mempersiapkan Label atau Etiket Merek

Untuk memastikan lancarnya proses permohonan pendaftaran Merek, pemohon perlu menyiapkan terlebih dahulu label Merek atau etiket dengan format file .jpg. Siapkan juga cetakan label Merek sebanyak 3 lembar, dengan ukuran terkecil 2 x 2 cm dan terbesar 9 x 9 cm.

6. Menyertakan Surat Rekomendasi UMKM Binaan atau Surat Keterangan UKM Binaan Dinas untuk Pemohon Usaha Mikro dan Kecil

Beberapa insentif bagi Usaha Mikro dan Usaha Kecil diberikan untuk mendorong pertumbuhan bisnis mereka. Salah satu insentif tersebut adalah memberikan kemudahan untuk mendapatkan perlindungan Merek melalui fasilitas keringanan biaya yang diberikan pada saat pengajuan permohonan pendaftaran Merek dengan syarat melampirkan surat rekomendasi atau surat keterangan dari instansi terkait.

7. Menyertakan Surat Pernyataan UMKM Bermaterai untuk Pemohon Usaha Mikro dan Kecil

Surat ini merupakan surat pernyataan yang menyatakan kebenaran mengenai surat rekomendasi yang telah dilampirkan.

Surat pernyataan ini juga berisi keterangan pemohon yang bersedia untuk dilakukan tindakan Ditarik Kembali dan Dihapus oleh Kantor Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual terhadap Pengajuan Permohonannya apabila dikemudian hari terbukti surat rekomendasi yang dilampirkan tidak benar atau palsu.

8. Surat Kuasa

Surat ini diperlukan apabila pengajuan pendaftaran Merek yang kamu lakukan menggunakan jasa Konsultan Hak Kekayaan Intelektual (HKI).

Rekomendasi:

Segera konsultasikan kebutuhan Anda untuk mendaftarkan Merek bersama kami, klik tombol di bawah ini.

Hubungi Sales KamiLihat Layanan Lainnya
Easybiz sudah dipercaya oleh 3000+ Perusahaan di Indonesia
Tag:
Bagikan artikel ini
Facebook
LinkedIn
Twitter
Whatsapp

Artikel yang Cocok untuk Anda

Perizinan Berusaha
Biaya dan Prosedur Pendaftaran Merek

Pendaftaran merek memiliki syarat yang cukup sederhana dan biaya yang terjangkau. Sayangnya tidak semua orang tahu bagaimana prosedur pendaftaran dan berapa biaya yang dibutuhkan. Simak lebih lanjut ulasan mengenai prosedur pendaftaran merek dan juga berapa biaya yang harus Anda persiapkan untuk sebuah pendaftaran merek dalam artikel berikut ini.

03 January 20233 Menit

Perizinan Berusaha

Kelas merek digunakan untuk mengelompokkan produk atau layanan saat  mendaftarkan suatu merek. Dengan mengetahui kelas merek, akan mempermudah proses pendaftarannya sehingga permohonan pendaftaran merek Anda tidak sampai ditolak

16 January 20233 Menit

Perizinan Berusaha

Pendaftaran merek UMKM hal yang penting untuk dilakukan dalam bisnis. Pendaftaran ini tidak hanya memberikan perlindungan hukum, namun juga memberikan banyak manfaat lainnya. 

Merek adalah suatu tanda atau simbol yang digunakan oleh perusahaan atau organisasi untuk menunjukkan identitasnya dan membedakannya dengan perusahaan atau organisasi lain. Merek dapat berupa nama, logo, warna, atau bentuk lain yang dapat diingat dan dikenali oleh orang.

04 January 20233 Menit

Easybiz adalah anak perusahaan Hukumonline.com yang menawarkan solusi kemudahan, kenyamanan dan legalitas dalam berbisnis di Indonesia. Kami memberikan layanan pendirian badan usaha dan perizinan untuk UKM dan startup di Indonesia mulai dari proses pendirian PT, domisili, hingga pengurusan izin-izin yang diperlukan untuk memulai usaha.


PT Justika Solusi Indonesia, AD Premier Office Park Lantai 9 Jl. TB Simatupang No. 5 Ragunan, Pasar Minggu Jakarta
📞: 963-963-71-6180

Selama pandemi COVID-19, semua konsultasi dan pengiriman dokumen dilakukan secara online.

WhatsApp Kami Di Sini

Layanan Easybiz

Layanan Pengaduan Konsumen

Direktorat Jendral Perlindungan
Konsumen dan Tertib Niaga
Kementrian Perdagangan RI

📞: 0101-1111-3580

Bantuan dan Panduan

Ikuti Kami

Copyright © 2024 Easybiz | All Rights Reserved